Kamis, 14 Oktober 2010

KUNG FU, Utara - Selatan

Kung Fu atau dikenal sekarang dengan nama Wu Shu merupakan beladiri tradisional negeri tirai bambu atau China. China merupakan sebuah negara yang terletak di benua Asia-Eropah bagian Tenggara dan berhadapan dengan Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Brunai Darussalam, mempunyai penduduk 1,2 milyar dengan 56 suku bangsa yang berbeda dan memiliki gaya hidup serta agama yg berbeda pula. Bercerita tentang China maka kita juga akan bercerita tentang Kung Fu atau Wu Shu. Aliran sungai Yang Tse yang membentang dari Timur ke Barat membagi Cina menjadi dua aliran Kung Fu tersebesar, yaitu Kung Fu Aliran Utara dan Kung Fu Aliran Selatan. Sejalan dengan perkembangan Kung Fu keluar Cina menjadikan kedua aliran Kung Fu inipun menjadi terkenal diseluruh dunia. Seperti halnya Hongkong yang terletak di ujung Selatan Cina mempunyai berbagai macam aliran Kung Fu Selatan misalnya: Hung gar, Wing Chun, Choy Li Fut, dll. Demikian pula Taiwan dimana sebagian besar merupakan pendatang dari bagian Utara Cina., mempunyai banyak gaya dan aliran Kung Fu Utara seperti; Chang Chuan, Pa Kwa, Jurus Cang Chorang dari Utara.
Sebagian besar jurus-jurus diatas sudah dipertandingkan secara resmi dan Internasional dalam bentuk apa yang dinamakan Wushu sekarang.
Kung Fu Aliran Utara
         Kung Fu aliran Utara yang tradisional mempunyai kelebihan dalam hal kelincahan dan kecepatan bergerak kesegala arah untuk menyerang dan menghancurkan pertahanan lawan. Berbeda halnya dengan Kung Fu aliran Selatan, tidak selincah dan secepat aliran Utara. Alirab Selata lebih banyak menggunakan kekuatan tangan dan kekokohan kuda-kuda serta menunggu serangan lawan. Dalam berlatih, aliran Utara lebih bersifat lembut dan dengan tenaga yang minimal meningkat secara bertahap sampai akhirnya apabila diperlukan dapat menggabungkan keduanya. Sedangkan aliran Selatan Sebaliknya, dimulai dari latihan keras untuk mencapai hasil yang cepat dan maksimal untuk menghadapi lawan. Lembut pada tahap yang berikutnya, walaupun akhirnya sama dengan Utara apabila diperlukan dapat menggabungkan keduanya, Berikut beberapa/sebagian jururs-jurus dari Kung Fu aliran Utara: Chang Chuan, Cong Chorang, Hao Kun, Jurus Rajawali, Hsing I, Pa Kwa, Tai Chi Chuan.
Kung Fu Aliran Selatan
          Kung Fu aliran Selatan dikenal juga dengan sebutan lima keluaraga petarung, yaitu "Keluarga Gar", Gar disini menunjukan nama keluarga. Seperti sudah disebut diatas, aliran Selatan dilatih dengan cepat untuk menjadi seorang petarung yangt handal dengan tenaga yang penuh, kuda-kuda rendah dan kokoh.
Adapun lima keluarga petarung tersebut, adalah: Hung Gar, diciptakan oleh Hung Hei Gung, Lau Gar, diptakan oleh Lau Soam Ngan, Choy Gar berbeda dengan Choy Li Fut, diciptakan oleh Choy gau Yee, Li gar diciptakan oleh Li Yao San, Mok Gar diciptakan oleh Mok Ching Giu.Kecuali Hung Gar, yang lainnya dari keluarga Gar jarang di jumpai saat ini dalam bentuk aslinya. Beberapa jurus lainnya yang terkenal dari Kung Fu aliran Selatan, adalah: Choy Li Fut, Wing Chun, Bangau Putih dari Tibet, dan Alis Mata Putih.  Perguruan Kung Fu di Indonesia yang mempunyai kurikulum Utara-Selatan adalah Kung Fu Naga Mas yang didirikan oleh Sin She Tjong A Seng salah satu jebolan Shaolin yg belajar selama empat belas tahun serta belajar pada beberapa orang guru aliran Shantung, Pa Kwa dan Bu Thong. Oleh: Mikson Panaha/Red Belt Kung Fu Naga Mas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar